Klonengan Yok, Pake GaToel (Gamelan ToeToel)

Lihat-lihat di GPlay, eh nemu aplikasi unik, bikinan lokal lho ini, namanya GaToel (Gamelan ToeToel)-baca tutul (bahasa jawa). Seperti namanya, aplikasi ini adalah aplikasi untuk memainkan gamelan (alat musik jawa). Aplikasi B201 ini termasuk aplikasi baru, masih dibawah 5000 kali download, tapi udah dapat rating 4,8 lho, walau sebagian besar yang download orang indonesia hehe.

 Seperti namanya, ToeToel, dalam bahasa jawa artinya tutul atau sentuh, jadi cara mainnya tinggal sentuh pada alat musik yang diinginkan. Ada 7 alat musik yang dapat dimainkan, yaitu Saron, Demung, Peking, Bonang Panerus, Bonang Barung, Kempul & Gong, dan Slenthem.Aplikasi ini juga dilengkapi dengan (mungkin istilahnya) kunci atau nada dasar slendro dan pelog.

Sejauh yang saya tau, mungkin kekerungan aplikasi ini hanya pada suaranya yang kecil. Dicoba di ponsel Galaxy Y, HTC Desire ma Soner kebanyakanya ngeluh karena suaranya kecil walau volume sudah maksimal. Tapi apapun itu kita wajib mengapresiasi aplikasi karya anak bangsa ini, semoga dikemudian hari semakin bagus. OSnya minimal Eclair alias Android 2.1, dan santai saja, ini 100% free kok jadi buat apa lama-lama, cobain deh :) Link GooglePlay nya ada nih, selamat mencoba

Komentar

Postingan Populer