All About Prayer, Muslim Pro Aja

Mumpung masih nganggur :) ane mau bahas salah satu aplikasi yang menurut ane wajib aja di gadget kalian (yang muslim khususnya). Muslim Pro, aplikasi besutan Bitsmedia ini merupakan aplikasi yang mengakomodasi kebutuhan seorang muslim yang hobi mobile, mulai dari pengingat waktu sholat, arah kiblat, asmaul husna, Al-Qur'an sampai tempat makan yang halal. Tapi walaupun ada embel-embel "pro", buat yang suka gratisan (kayak ane:) kita masih bisa menggunakannya kok, dan bukan trial cuma dapat batasan akses pada beberapa fitur.

 Fitur paling berguna (dan yang bisa digunakan oleh hobi gratisan :) yaitu pengingat waktu sholat. Fitur ini bekerja sangat baik, karena area yang terdeteksi sangat banyak, daerah ane (sekarang baru di negara, bali)-pun ikut terdeksi. Sebelumnya ane pake aplikasi lain (lupa uda keburu di uninstal hehe), untuk area bali hanya mendeteksi denpasar saja. Waktu yang ditampilkan meliputi sholat 5 waktu plus terbit matahari. Dalam versi free kita hanya dapat 3 macam suara adzan, yang 1 hanya potongan adzan, dan 2 adzan Madinah (reguler dan subuh), kalau mau Adzan yang lain tinggal beli versi full nya :)


Ada pula arah kiblat, nah fitur ini sangat berguna teutama buat yang hobi travelling, yang sering buta arah juga berguna hehe. Pastikan GPS kalian hidup saat menyalakan fitur ini, sebenarnya tanpa menghidupkan GPS juga tidak apa-apa cuma biar hasil yang lebih akurat tidak ada salahnya kan. Posisikan horisontal ya saat membacanya, akan ada lempengan yang menunjukkan arah mata angin, dalam lempengan ada 2 jarum warna orange menunjukkan arah uatar dan warna biru yang menunjukkan arah kiblat.

 Al-Qur'an tentu saja tidak ketinggalan ada di aplikasi ini. Tulisan arab berserta harakat tampak jelas buat yang masih belajar baca Al-Qur'an. Selain tulisan arab ada juga bacaan (tulisan latinnya) yang membantu pada bagian yang kurang jelas. Ada artinya juga lho, cuma dalam bahasa inggris, tapi tenang aja kita bisa mengganti dengan bahasa lain yang kita kuasai kok, ada sekitar 11 bahasa yang di support aplikasi ini, termasuk bahasa indonesia dan melayu. Seperti pada kebanyakan aplikasi qur'an lainnya, kita bisa mendownload audio dari surat yang kita baca sehingga untuk yang kurang menguasai tajwid bisa belajar dengan mendengarkan fasilitas audio ini. Nah untuk yang hobi gratisan, ane sarankan untuk membeli versi pronya, karena untuk versi gratis, kita hanya mendapatkan 5 surat saja, Al-Faatiha, Al-Baqarah, Aal-i-Imraan, An-Nisaa dan Al-Maaida. Yang lain musti download yang versi pro ya hehe.

Ada lagi 3 Fitur gratisan dan 1 Fitur Premium yang ada di aplikasi ini. 3 fitur yaitu hari libur atau hari besar agama, Asma'ul Husna dan Places, serta 1 fitur kartu Ucapan. Pada holiday (hari libur) akan ditampilkan hari-hari besar agam Islam plus tanggal secara romawi nya jadi kita tidak kesulitan untuk mentranlate ke penanggalan romawi. Asma'ul Husna menampilkan 99 nama agung Allah SWT berserta arti dan pengucapannya. Fitur yang menurut ane cukup menarik yaitu Places, dimana dengan fitur ini (butuh koneksi internet dan GPS) akan menampilkan restoran-restorsn yang tergolong halal serta mampu menampilkan lokasi masjid sesuai dengan database yang ada saat kita berada disuatu tempat yang asing. Ane belum sempet nyoba sih, soale koneksi di sini parah banget qq. Untuk fitur terkahir ane g bisa ngasih pendapat hehe, belum bisa beli aplikasi di PlayStore (kagak ada kartu kredit).

Secara umum aplikasi ini telah mencakup segala macam yang dibutuhkan seorang muslim buat ibadah sehari-hari. Versi gratis sudah memuaskan buat ane, untuk fitur yang dibatasi kalau ane sih nyari yang laen hehe. Tapi jika sudah bisa membeli di play store ane sarankan untuk sekaligus upgrade ke versi Pronya, bisa menghemat memory gadget kta hehe. Alamat download nya bisa dicari di store masing-masing, yang males buka store ya ini ane link kan versi webstorenya, android di mari, IOs di mari. Muslim Pro di Andro sudah versi 3.1.1 dengan minimal versu Andronya 2.0, fileny sekitar 26 MB, sedangkan di Ios, versi terbarunya 5.3.5 dengan minimal IOs versi 4.3, filenya sekitar 36MB.

Demikian yang bisa ane sampaikan, ada kurang lebihnya mohon maaf, Assalamu'alaikum Wr. Wb. :D

Komentar

Postingan Populer